Senin, 22 November 2010

ZTE Aktifkan Stasiun 3G di Mount Everest


FRONTRANGE.CA
Para pendaki Mount Everest sudah bisa melakukan video call, delapan stasiun didirikan oleh ZTE di ketinggian 5.180 mdpl.
HONGKONG, KOMPAS.COM - Telekomunikasi para pendaki gunung Himalaya khususnya tujuan puncak dunia, Mount Everest tampaknya tak hanya bisa melakukan fungsi voice belaka. Ketika teknologi jaringan 3G aktif, maka memungkinkan untuk berbicara secaravideo call kelak.
Dan, ZTE sebagai penyedia jaringan telah mengaktifkan sebanyak delapan stasiun 3G di Taman Nasional Gunung Everest tepatnya berada di ketinggian 5.180 meter mdpl, guna menyediakan layanan pita lebar untuk masyarakat lokal dan khususnya para pendaki. 
Tak pelak, NCell yang merupakan operator terbesar kedua di Nepal (dengan market sharemencapai 40 persen) menyambut gembira hal ini. CTO NCell, Algars Benders bilang, "Anda berada di puncak dunia. Dengan peluncuran stasiun 3G, pengunjung sisi selatan gunung Everest dapat membagi apa yang mereka lihat, mereka rasakan, dan mereka pikirkan selama perjalanan mendaki gunung Everest kepada teman dan keluarga mereka kapan saja."
Untuk itu stasiun ini dirancang agar tahan menghadapi cuaca ekstrem di pengunungan Himalaya yang kerap berubah. Sebuah menara dasar dan diet shelter penghangat dipakai yang memungkinkan penginstalan cepat tanpa harus mengubah konstruksi fondasi. Selain itu, stasiun ini juga memperhitungkan faktor lingkungan, di mana tetap berfokus pada konsep ramah lingkungan, hemat energi, dan memiliki jejak karbon yang kecil.
Panel-panel solar didesain untuk memastikan setiap stasiun memiliki kekuatan yang cukup untuk memasok energi selama satu tahun.
Pembangunan stasiun ini sendiri berlangsung lebih cepat dari pembangunan umumnya. "Solusi total kami mudah digunakan, tidak hanya bisa beradaptasi dengan sumber yang terbatas di lapangan, tetapi juga bisa mengurangi waktu konstruksi lebih cepat satu bulan dari solusi tradisional," kata Luo Pingfan, Presiden ZTE Asia Tenggara. (ANDRA/FORSEL)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar