Senin, 22 November 2010

AMD Gabung Proyek MeeGo

MEEGO.COM
DUBLIN, KOMPAS.com — Intel dan Advanced Micro Device (AMD) boleh saja bersaing di pasar prosesor komputer. Namun, keduanya bisa jadi akur di pasar smartphone dan mobile devices. Produsen prosesor AMD yang bermarkas di Sunnyvale, California, AS, Senin (15/11/2010), mengumumkan bahwa pihaknya mendukung proyek MeeGo.
"MeeGo merupakan sistem operasi open source untuk perangkat mobile yang kami perkirakan akan diadopsi oleh pembuat perangkat mobile pada masa mendatang. Kami senang dapat menyediakan sumber daya untuk mendukung kerja sama industri seperti MeeGo dan mengharapkan bahwa sistem operasi ini akan membantu mendorong rencana kami memperluas menciptakan peluang pasar lebih luas untuk accelerated processing unit yang kami siapkan," kata Chris Schlaeger, Director of AMD Operating System, dalam MeeGo Conference di Dublin, Irlandia.
Perlu diketahui bahwa MeeGo adalah proyek open source yang digagas Intel dan Nokia sejak awal tahun ini. Ia merupakan penggabungan dari proyek Maemo di Nokia dengan Moblin di Intel. Proyek ini berbasis Linux sebagai platform open source. Platform tersebut dikembangkan luas dari smartphonenetbook, tablet, sistem hiburan di kendaraan, dan perangkat mobilelainnya. Produk komersial pertama yang menggunakan MeeGo diperkirakan akan keluar di pasaran paling cepat pada akhir tahun ini atau awal tahun 2011.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar